Makna Dari Huruf Ba'

Assalamu'alaikum. Wr. Wb

    Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Huruf Ba' yang ada pada awal kalimah Bismillahirrahmanirrahim, cukup yang saya ketahui yang bisa saya jelaskan,, 

® Huruf Ba' merupakan himpunan dari isi kandungan Bismillahirrahmanirrahim, yang telah d jelaskan pada artikel Bismillahirrahmanirrahim, 

® Syekh Sayid Bakari al-Makki menambahkan bahwa ba merupakan huruf bibir. Kenapa dikatakan huruf bibir, karena awal mula bibir atas dan bawah bersentuhan atau mulut dalam keadaan tertutup, dan awal ingin mengucapkan/mengeluarkan suara dengan huruf ba, lalu huruf alif, atau A kemana, itu tidak saya jelaskan di sini... 
        Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)" (QS. Al-A’raf[7]: 172).

بلى (ya kami bersaksi) (diawali huruf ba).”

® Didalam Al-Quran di setiap surah diawali dengan huruf Ba', tentunya ini menjadi suatu pertanyaan dalam diri kita, kenapa ini bisa terjadi? Tentunya itu tidak dengan kebetulan, 




Baca juga : 

Komentar